Selasa, 20 Januari 2009

sony cyber-shot T500

Melihat data spesifikasinya, kamera keluaran Sony ini memang benar-benar mengagumkan. Mulai dari penggunaan lensa Carl Zeiss hingga pemasangan layar LCD dengan fitur touchscreen memang sangat menggoda. Namun tentu saja itu semua tak ada artinya jika kualitas hasil bidikan kamera yang dibanderol dengan harga cukup mahal ini tak memuaskan.

Dilihat dari tampilan luarnya, terlihat bahwa produk ini dirancang dengan pertimbangan estetika dan ergonomis yang tinggi. Bentuk kamera ini sangat ramping dengan penutup lensa di bagian depan yang bisa digeser ke bawah saat kamera akan dioperasikan. Bagian ini juga berfungsi sebagai handgrip dan dilapisi bahan karet untuk menghindari selip.
Bagian belakang dari kamera ini juga terlihat sama 'bersihnya' dengan bagian depan. Tombol jadi tak banyak karena layar LCD kamera ini sudah mendukung fitur touchscreen. Yang agak sedikit mengganggu adalah lokasi tombol pemilih antara fungsi kamera still dan video yang terletak tepat di belakang tombol shutter. Meski posisi ini membuatnya jadi lebih mudah diakses namun di sisi lain posisi ini juga membuatnya jadi sering tersentuh dengan tak sengaja.

Satu yang jadi andalan kamera ini memang adalah kemampuannya merekam video dalam format HD dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Saat digunakan merekam hingga 30fps, hasil rekaman tetap mulus tanpa ada gejala tersendat-sendat. Sebagai tambahan, fungsi optical zoom tetap dapat diakses dalam mode video ini serta masih ada dukungan image stabilization dan audio stereo yang suaranya diambil dari sepasang mic yang terletak di bawah lampu flash di bagian depan.
Dari sisi pengoperasian, kamera yang satu ini tergolong sangat nyaman digenggam sekaligus menyuguhkan antarmuka menu yang intuitif. Sistem menu yang digunakan di sini juga cukup responsif dan mudah dioperasikan. Ini masih ditambah dengan kenyataan bahwa layar 3,5 inci yang dipasang di sini memiliki refresh rate yang cukup tinggi dan tampilan yang tajam dan cemerlang.

Tapi menu utama sebuah kamera jelas adalah kemampuannya mengambil gambar dengan kualitas yang memuaskan. Dan di sisi ini pun Sony Cyber-shot T500 ini masih bisa diandalkan. Gambar hasil bidikan sangat tajam dengan detail gambar yang mengagumkan. Reproduksi warna juga sangat bagus dan tak ada gejala penyimpangan warna. Noise pun hampir tak terlihat kecuali jika Anda menggunakan di atas ISO 400.
Secara keseluruhan kamera keluaran Sony ini memang layak jadi pertimbangan saat memilih kamera saku dengan kemampuan lebih. Sayangnya untuk mendapatkan itu semua Anda harus mengeluarkan sekitar 230 Poundsterling atau setara dengan Rp 4 jutaan. Dan faktor harga jual inilah yang membuat Trusted Reviews hanya memberikan nilai 7 dari 10 karena menganggapnya terlalu mahal untuk sebuah kamera saku.
Spesifikasi:
Sensor
:
1/2.3 inches Super HAD CCD
Lensa
:
Carl Zeiss lens equivalent to 33-165mm
Zoom
:
5x optical, 10x digital
Viewfinder
:
N/A
LCD Monitor
:
3.5 inches touchscreen
Maximum Aperture
:
f/3.5-4.4
Shutter Speed
:
1/4-1/1000
White Balance
:
Auto, Daylight, Cloudy, Fluorescent1, Fluorescent2, Fluorescent3, Incandescent, Flash
Flash
:
Auto, Forced Flash, Slow Syncro, No Flash
Shooting Modes
:
Twilight, Twilight portrait, Soft snap, Landscape, Beach, Snow, Fireworks, High speed shutter, High Sensitivity
Photo Effects
:
-
Media Penyimpanan
:
Internal memory (4MB) + Memory Stick Duo, Memory Stick PRO Duo. Memory Stick PRO Duo High Speed, Memory Stick PRO-HG Duo
Format File
:
JPEG, MPEG4 AVC/H.264
Interfaces
:
USB 2.0 Hi-Speed, Multi use Terminal with HD
Dimensi
:
97 x 59.3 x 21.4mm
Situs Resmi
:
www.sony.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar